Selasa, 17 Januari 2012

Suku Kata

Suku Kata
               Suku Kata dalam bahasa Jepang hampir selalu berada dalam bentuk huruf hidup / vokal seperti : sakura yang terdiri dari suku kata sa-ku-ra. Demikia juga dangan kata-kata asing yang diserap kedalam bahasa Jepang seperti : bread (roti) menjadi buredo yang dibaca bu-re- do dan milk (susu) menjadi mi-ru-ku dengan silaba mi-ru-ku.            
               
Berikut daftar suku kata yang digunakan dalam bahasa jepang yang diucapkan sama dengan bunyi dalam bahasa Indonesia :

Huruf vokal a, i, u , e ,dan ,o diucapkan seperti dalam bahasa Indonesia. Tetapi kadang huruf u dan I diucapkan lemah seperti dalam desu yang dibaca des, suki (suka) dibaca ski.
                 
Huruf konsonan dalam Bahasa Jepang di ucapkan teguh seperti dalam Bahasa Indonesia seperti : gohan (nasi) yang diucapkan go-han, hana (bunga) yang diucapkan ha-na, shumi (hobi) diucapkan shu-mi, dst.
                
 Dalam bahas Jepang tidak ada huruf L dan V sehingga kata-kata serapan yang mengandung kedua huruf tersebut akan berubah menjadi berbunyi R dan B, seperti : hotel menjadi hoteru dan vetnam menjadi betonamu.
                 
Konsonan rangkap dibaca sama seperti dalam bahas Indonesia, misalnya : rippa (baik), isso (lagi), kitte (prangko) dst. Vokal rangkap dibaca 2 kali lebih panjang dari vokal biasa seperti : okasaan (ibu), chiisai (kecil), otooto (adik laki-laki) dll. Beberapa penulis dan penerbit ada yang menuliskan vokal rangkap dengan garis atau topi di atasnya, namun di blog saya ini menggunakan vokal rangkap.

ChÎsai = Chiisai artinya kecil
Otôsan = Otoosan artinya ayah
Pâti = Paati artinya pesta
Shûjitsu = Shuujitsu artinya hari kerja
Onêsan = Oneesan artinya kakak perempuan

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ahmad Sudaisih | Bloggerized by Ahmad Sudaisih AnNahdlah - Premium Blogger Themes | Online Project management